Ayo putra bangsa

Harumkan negeri ini

Jadikan kita bangga

Indonesia

Jayalah negaraku

Tanah air tercinta

Indonesia raya

Jayalah negaraku

Tanah air tercinta

Indonesia raya

Reff :

Garuda di dadaku

Garuda kebanggaanku

Ku yakin hari ini pasti menang..

Kobarkan semangatmu

Tunjukkan keinginanmu

Ku yakin hari ini pasti menang..

Back to Reff

Lagu berjudul “Garuda di Dadaku” di atas tidak asing bagi telinga kita bangsa Indonesia akhir-akhir ini.. melihat hasil pertandingan kemarin

dimana Indonesia mampu menang 2-1 dalam final piala AFF leg ke 2 namun sayang tidak cukup untuk menjuarai piala AFF tentu akan membuat semua

masyarakat Indonesia kecewa termasuk saya tentunya.. namun saya cukup kagum dengan pendukung Indonesia yang tetap menghargai usaha jerih payah

timnas.. memang tim Indonesia memiliki potensi dan jika kita terus dukung dan di bina dengan baik maka mudah2an akan berprestasi di masa

mendatang..

Menurut saya pribadi Indonesia secara overall sudah tampil baik di piala AFF kecuali 15 menit yang kacau saat final leg pertama di Bukti Djalil.. namun ada beberapa hal yang menurut saya dapat di perbaiki dari timnas antara lain :

  1. timnas tampak tidak siap dengan intimidasi supporter lawan (ini terbukti dengan kekalahan satu2nya adalah ketika mereka tidak tampil di GElora Bung Karno, terlepas dari laser yang menjadi perbincangan hangat akhir2 ini, timnas harus siap menghadapi intimidasi supporter lawan apapun bentuk nya itu, mungkin timnas menjadi tidak fokus karena mereka memikirkan bahwa mereka diperlakukan tidak adil –>harus dihindari, mereka harus terus fokus pada pertandingan).. mungkin hal ini dapat di atasi dengan membiasakan mereka tampil tandang.. perbanyak pertandingan persahabatan dengan timnas lain atau klub lain di kandang lawan..
  2. pada final leg ke dua mereka sudah cukup menekan, tetapi banyak peluang menjadi sia2 karena penyelesaian akhir yang tidak sempurna.. pelatih harus lebih banyak memberi porsi latihan pada penyelesaian akhir.. latihan shooting misalnya..
  3. Indonesia seharusnya tidak melakukan banyak umpan jauh langsung ke penyerang tengah (Gonzales dan Bachdim), lakukan saja sesekali untuk mengagetkan lawan yang tidak siap.. serangan seperti itu terbukti tidak ampuh.. Malaysia sudah mengantungi kemenangan 3-0 maka ia pasti akan menumpuk pemain bertahan.. selain itu postur mereka lebih tinggi untuk mengatasi bola-bola atas akan lebih mudah.. mungkin strategi yang lebih tepat adalah umpan2 pendek seperti yang di peragakan Spanyol.. jika pemain yang 1 membawa bola.. 2- 3 pemain lain diharapkan mendekat mencari ruang agar mempermudah si pembawa bola mengoper jika ia terkepung.. terbukti banyak umpan terobosan yang menyebabkan kemelut di depan gawang dan hampir terjadi gol..
  4. yang terakhir dan tidak kalah pentingnya.. pembinaan pemain muda.. perbaiki sistem pembinaan dan pencarian bakat.. jangan hanya mencari jalan instant dengan naturalisasi saja.. tetapi buat sistem pembinaan pemain muda yang baik..

saya memang bukanlah pemain sepakbola profesional dan mungkin tidak layak untuk mengevaluasi timnas Indonesia… ini hanyalah bentuk kecintaaan saya pada timnas.. maju terus Timnas Indonesia!!