rampokBagi kita yang tinggal di daerah perkotaan tentu saja sedikit khawatir jika meninggalkan rumah walaupun kita sudah menguncinya rapat-rapat.. Hal ini membuat hati kita was-was jika kita pergi bekerja atau berlibur dan membiarkan rumah kosong karena mungkin saja banyak barang berharga yang kita tinggal di rumah seperti kendaraan bermotor, alat-alat elektronik dan komputer, perhiasan, uang, dan lain-lain.

Sebenarnya kemajuan teknologi membuat semua hal ada di dalam genggaman kita. Ide ini

Malingmuncul ketika saya memasang IP Cam di tempat kerja saya. Saya melihat di IP Cam tersebut ada fitur untuk motion detection / dapat mendeteksi jika terjadi gerakan dan dapat di setting untuk mengirimkan gambar / snap shot tersebut melalui FTP atau email, tentu saja dengan syarat internet harus selalu ON. Mungkin hal ini sudah di terapkan oleh perusahaan2 keamanan yang profesional, namun saya kira tidak perlu untuk membayar mereka jika kita bisa melakukannya sendiri karena hal ini cukup mudah jika kita sedikit mengerti tentang jaringan.😀

IPCam2Ide saya sebenarnya sederhana saja, yakni memasang IP Cam itu di tempat2 yang rawan untuk di bobol maling dan menyambungkannya dengan internet. Sehingga ketika kita berpergian jauh kita bisa menyalakan motion detection tersebut dan ketika ada maling masuk, kamera akan men snapshot gambar dan langsung mengirimkan ke email kita. Dengan fitur Push email yang dipunyai BlackBerry atau Smart Phone lainnya tentu saja kita akan sadar dan kita bisa langsung melapor polisi atau kita bisa bekerja sama dengan perusahaan keamanan sehingga para petugas segera bertindak. IP Cam ini juga bisa di remote via web based / internet, bahkan bisa video ( seperti CCTV) tentu saja kita mempunyai jaringan internet yang cukup kuat..

Harga sebuah IP Cam beragam tergantung dari Fitur yang di miliki. Beberapa waktu lalu saya membeli merk D-LinkIPCam3 seharga 2,5 juta ++.. ada juga yang harga nya paling murah sekitar 1 juta ++.. Saya kira biaya itu cukup worthed jika kita dapat meninggalkan rumah kita dengan tenang.. Dan yang lebih hebat nya lagi, IPCam ini tidak perlu server seperti CCTV kecuali Anda ingin mendapatkan rekaman.. cukup mensambungkannya langsung ke internet dan IP Cam akan berhubungan langsung dengan router / Switch / Modem dengan teknologi TCP / IP.

liburanWah, ternyata alat yang sederhana bisa menjadi sangat berguna jika kita dapat menggunakannya sebaik- baiknya yah.. Dengan begitu anda dapat meninggalkan rumah anda dengan sedikit tenang.. setidaknya jika anda tahu jika IP Cam anda mati dan tidak bisa di remote karena listrik padam atau ada sabotase anda bisa minta tetangga atau saudara anda untuk mengeceknya.. dan jangan lupa anda mematikan motion detectionnya jika anda sudah sampai di rumah atau anda akan melihat foto diri anda sendiri ketika masuk ke dalam jangkauan IPCam ^o^