Internet saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua informasi bisa didapatkan dari Internet. Semua pertanyaan dapat di tanyakan pada om google. Maka dalam kehidupan saya sehari-hari pun internet memainkan peranan penting, termasuk saat membeli suatu barang. Dalam blog ini saya akan mencoba menceritakan sewaktu saya ingin membeli notebook.

Hal ini saya alami kira-kira satu tahun yang lalu. Ketika itu saya ingin mencari notebook untuk dipakai sehari-hari untuk keperluan kerja dan main game (pekerjaan saya adalah programmer, sehingga membutuhkan spesifikasi yang cukup bagus untuk prosesor dan RAM nya, dan karena saya suka bermain game maka saya membutuhkan VGA yang cukup baik juga -> maka saya lebih suka jika notebook itu ada Dedicated Graphic Card agar tampilan bisa maksimal). Saya juga sudah disediakan Microsoft Windows dan Microsoft Office sehingga saya lebih memilih notebook yang tidak termasuk Windows (karena untuk Windows Vista sendiri harga nya bisa mencapai 1,2 juta saat itu), jadi menurut saya jika saya beli tanpa windows akan bisa dapat harga yang lebih murah.

maka mulai lah saya mencari tahu notebook dengan spesifikasi seperti itu. Kira-kira yang saya mau adalah core2 duo processor, dedicated VGA Card, dan tanpa windows (bisa kosong / Linux). Website yang pertama saya check sudah bisa ditebak yakni Bhineka.com. Selain lengkap, ada gambar dan juga banyak yang ada harga nya juga, sehingga saya bisa mencocok2an dengan budget yang saya punya.

saya cek semua Merk dan untuk merk2 terkenal seperti Sony dan Toshiba selain mahal juga kebanyakan sudah include dengan Windows nya, sehingga saya memilih mencari merk lain. Dan setelah mencari2 maka notebook yang cocok dengan kemauan saya adalah Notebook dengan merk Byon. Selain High End juga cocok dengan budget untuk saya yang saat itu baru kerja..🙂

setelah mendapat gambaran notebook yang akan saya beli dan harga nya maka saya mencari di website lain (seperti rakitan.com dan web-web lain. saya googling dengan keyword “harga notebook”) . namun ternyata notebook ini belum cukup terkenal sehingga jarang ada di web lain. Dan hal yang saya khawatirkan saat itu adalah performa dan pelayanan purna jual. jangan sampai saya membeli laptop yang sering bermasalah / produk gagal. Maka saya Googling lagi dengan keyword “testimoni Byon”), dan saya juga menemukan beberapa pendapat / testimoni orang tentang Byon yang ternyata positif. Mungkin karena masih mencari pasar Byon sangat kompetitif dalam hal harga, selain itu menurut yang saya baca, Byon adalah singkatan dari “Build Your Own Notebook” sehingga user dapat meng upgrade komponen2 Notebook layak nya mengupgrade PC biasa.

Yah walaupun saya sudah memutuskan merk dan model notebook yang saya inginkan namun saya tidak memesan melalui Bhineka.com, melainkan saya pergi sendiri ke Mangga dua dengan harapan bisa lebih murah dan dapet “Bonus”🙂 Akhirnya saya sampai di Mangga dua dan tidak mendapatkan Model itu di toko manapun termasuk toko Bhineka (sedang kosong dan harus Indent). yah akhirnya saya indent 1 -2 hari dan mendapatkan notebook itu di diskon 100 ribu dan mendapat bonus mouse🙂

sampai saat ini saya masih memakai notebook ini dan cukup baik. walupun sekarang saya merasa harddisk saya sudah tidak muat. mau upgrade tapi belom sempet😦